Langkah dalam Pengumpulan dan Analisa Data


Sebelum merancang suatu database, yang harus dilakukan adalah mengetahui dan menganalisis apa yang diinginkan dari pengguna aplikasi, sehingga proses ini disebut pengumpulan data dan analisis. Untuk menspesifikasikan kebutuhan yang pertama kali dilakukan adalah mengidentifikasi bagian lain di dalam sistem informasi yang berinteraksi dengan sistem database. Termasuk pengguna yang baru atau yang sudah lama juga aplikasinya, kebutuhan–kebutuhan tersebut dikumpulkan dan di analisa.

Kegiatan pengumpulan data dan analisis :
1. Menentukan kelompok pemakai dan areal bidang aplikasinya.
Menentukan aplikasi utama dan kelompok pengguna yang akan menggunakan basis data. Individu utama pada tiap-tiap kelompok pemakai dan bidang aplikasi yang telah dipilih merupakan langkah utama yang harus kita lakukan. Sehingga memudahkan kita dalam pembuatan basis data.

2. Peninjauan dokumentasi yang ada.
Dokumen yang berhubungan dengan aplikasi yang akan dibuat sebaiknya dipelajari dan dianalisa terlebih dahulu, sedangkan dokumen lainnya seperti kebijakan manual, form, laporan–laporan dan bagan-bagan organisasi diuji dan ditinjau kembali untuk mengetahui apakah dokumen tersebut berpengaruh terhadap pengumpulan data dan proses spesifikasi.

3. Analisa lingkungan operasi dan kebutuhan pemrosesan.
Lingkungan operasional yang sekarang dan informasi yang direncanakan akan di gunakan dipelajari, termasuk menganalisa jenis–jenis dari transaksi dan frekuensi transaksinya seperti halnya alur informasi dengan sistem. Input dan output data untuk transaksi tersebut harus diperinci.
4. Daftar Pertanyaan dan Wawancara
Tulislah pertanyaan-pertanyaan yang telah dikumpulkan dari para pemakai basis data yang berpotensi dan berpengalaman. Sebagai contoh kita dapat mewawancarai ketua kelompok dsehingga masukan yang kita dapat, dapat diterima dari mereka dengan memperhatikan informasi yang berharga dan mengutamakan prioritas yang ada.
Teknik yang digunakan dalam penspesifikasian kebutuhan secara formal :
· OOA ( Object Oriented Analysis )
· DFD ( Data Flow Diagram )
· HIPO ( Hierarchical Input Process Output )
· SADT ( Structured Analysis & Design )

0 komentar:

Posting Komentar

Isikan komentar anda dengan sopan yah ^__^