Simulasi Normalisasi Tahap 1-3

Normalisasi Pertama : Solusinya hilangkan duplikasi dengan mencari ketergantungan parsial menjadikan field-field menjadi tergantung pada satu atau beberapa field, bukan seluruhnya. Karena yang dapat dijadikan kunci adalah id_vendor dan id_barang, maka langkah selanjutnya adalah mencari field-field mana yang tergantung pada id_vendor dan mana yang tergantung pada id_barang.






Ada beberapa keanehan dalam data pada tabel di atas. Adanya kesalahan penulisan data pada kolom vendor pada record ke-12. Kemungkinan kesalahan penulisan data semakin bertambah seiring bertambahnya record.




Normalisasi kedua: Field-field yang tergantung pada satu field haruslah dipisah dengan tepat, misalnya id_vendor menjelaskan vendor dan id_barang menjelaskan isi barang, id_warna, dan warna. Untuk membuat hubungan antara dua tabel, dibuat suatu tabel yang berisi key-key dari tabel yang lain.









Pada tabel vendor dapat dilihat bahwa vendor hanya disimpan sekali.

Secara jelas bahwa pada tabel vendor_barang table mengisi data yang berulang-ulang. Tapi paling tidak lebih efisien dan mengurangi resiko kesalahan dalam penulisan data yang panjang.
Basis data di atas masih belum sempurna. Masih ada anomali pada data.






Normalisasi ketiga: Pada tabel diatas masih belum sempurna. Untuk menyempurnakan basis data tersebut. Kita perlu menspesifikan lagi data dari suatu basis data. Maka dari itu dari table sebelumnya kita dapat praktikan seperti dibawah ini.












Sebenarnya masih ada lagi bentuk normalisasi yang lain, yi Normalisasi Boyce-Codd dan normalisasi keempat, hanya sj sangat jarang dipakai. Pada kebanyakan kasus, normalisasi hanya sampai ketiga.

0 komentar:

Posting Komentar

Isikan komentar anda dengan sopan yah ^__^