Simbol Utama pada ER

ERD merupakan konsep pemodelan data secara grafik dan chart. Dan tentu saja memiliki simbol simbol yang digunakan. Diantaranya seperti pada gambar dibawah ini:





Agar lebih jelasnya, saya akan menjelaskan lebih lanjut dibawah ini:
A. Entitas
Entitas digunakan untuk menerapkan integritas pada tingkat Entity (Tabel), agar setiap Instances (Record/Baris) pada suatu Entity bersifat Unique yang disebut sebagai Primary Key sehingga dapat dibedakan antara yang satu dengan yang lainnya.
Contohnya :
Semua Leptop, atau Leptop saja dengan entitas Asus, Toshiba, Acer.
Semua Mobil, atau Mobil apa saja, dengan entitas mobil Baleno, Terano dan lain-lain
Semua Mahasiswa, atau Mahasiswa saja dengan entitas Budi, Andi dan lain-lain.

B. Relasi
Relasi digunakan utk menghubungkan beberapa tabel, sehingga data–data yang disimpan dalam tabel tetap normal.

C. AtributSetiap Entitas pasti memiliki Atribut yang mendeskripsikan karakteristik dari Entitas tersebut.
Penentuan/pemilihan atribut-atribut yang relevan bagi sebuah entitas merupakan hal penting lainnya dalam pembentukan model data. Penetapan atribut bagi sebuah entitas umumnya memang didasarkan pada fakta yang ada, tetapi tidak selalu seperti itu. Istilah atribut sebenarnya identik dengan pemakaian kolom data.

D. Garis
Kita langsung ambil saja contoh pada simbol garis ini. Pada diagram E-R dibawah terdiri dari 2 entitas, customer dan loan, dan satu relasi borrower. Atribut dari customer adalah nama, ktp, jalan, kota. Atribut untuk loan adalah no_pinjaman, jml_pinjaman. Hubungan entity customer ke loan adalah banyak ke banyak.

0 komentar:

Posting Komentar

Isikan komentar anda dengan sopan yah ^__^